Kapan Produk Kecantikan Saya Kadaluarsa

Shelf Life – Kapan Produk Kecantikan Saya Kadaluarsa ?

Kapan Produk Kecantikan Saya Kadaluarsa

Seperti makanan dan minuman, produk perawatan kecantikan juga memiliki tanggal kadaluarsa; jika Anda menggunakan make-up dan perawatan kulit yang sudah kadaluarsa, kulit dan mata akan teriritasi, menimbulkan jerawat dan noda. Mengetahui kapan Anda harus menghentikan pemakaian produk kecantikan sebetulnya berdasarkan pada logika secara umum: perubahan bau, warna atau tekstur, merupakan tanda bahwa produk telah memburuk kualitasnya. Untuk belajar lebih banyak, ceklah panduan Oriflame berikut.
PELEMBAP

Sesuai aturan umum, pelembab wajah janganlah disimpan lebih dari 6 bulan. Beberapa kandungannya, seperti essential oil dan sari dari tumbuhan,  bisa lebih memperpendek usia produknya. Juga, jika pelembabmu mengandung SPF, tingkatan tabir surya mengurangi rentang kadaluarsanya. Simpan krim di tempat sejuk dan kering; dan dengan ditutup rapat. Lebih baik gunakan spatula, daripada jari ketika Anda memakai produk.

ALAS BEDAK
Alas bedak cair biasanya terbuat dari bahan dasar air, artinya media itu menyediakan banyak ruang hidup untuk bakteri. Ketika botol tertutup bisa bertahan sampai dua tahun; sesegera setelah itu terbuka , Anda harus menggantinya setelah 6 sampai 12 bulan. Hindari produk dari lingkungan yang lembab, seperti kamar mandi, dan panas, karena ini akan mendorong kembang biaknya kuman. Perubahan apa pun pada bau dan warna, atau jika kandungannya terpisah – tidak tercampur dengan baik, itu indikasi bahwa unsur-unsurnya sudah kadaluarsa

BEDAK
Bubuk (seperti bedak wajah, pewarna pipi atau contouring powder) biasanya tidak mengandung air, dan, teorinya ini membuatnya lebih tahan lama dari krim atau produk cair: selama kurang lebih 24 bulan setelah dibuka. Ingatlah bagaimana pun juga, bahwa sikat/spons make up dapat mengurangi kemurnian dan kelembaban produk lainnya; maka jangan biarkan sikat/spons menempel pada bedak. Pastikan Anda membersihkan sikat/spons secara teratur.

MASKARA
Produk-produk yang dipakai di sekitar mata, seringkali terkena langsung dengan selaput lendir, artinya produk tersebut dapat dengan mudah menjemput bakteri dan mengirimkannya kembali kepada mata. Ini berlaku untuk eyeliner dan eye shadow, tapi awasi secara ekstra mascara Anda, karena tabung maskara menyediakan ruang yang cocok untuk bertumbuhnya kuman. Gantilah maskara setiap tiga bulan supaya aman; atau jika kemudian timbul perubahan, yaitu bau seperti bensin, ini indikasi kualitas produk menurun.

LIPSTIK
Karena lipstik tidak mengandung air, lipstik tergolong produk make up yang lebih tahan lama. Bagaimana pun, karena terbiasa terhubung dengan daerah mulut, lipstiks cukup rentan terhadap bakteri dan kotoran, yang berkembang sepanjang waktu. Nasihat secara umum; ganti lipstick-mu setelah setahun, atau ketika kamu pernah sakit. Perhatikan bau dan teksturnya, dan singkirkan produk jika berbau basi atau jika mengeras dan mudah patah.

Leave a Reply